You are using an outdated browser. For a faster, safer browsing experience, upgrade for free today.

Sekda Kalteng Membuka Rapat Koordinasi Stabilitas Harga dan Stok/Pasokan Barang Kebutuhan Pokok Menjelang Puasa dan Hari Raya Idul Fitri 1442 H/ 2021 M

  • 07 April 2021 09:35
  • Dibagikan oleh Layanan E-Government
  • Dibaca 89 kali.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Fahrizal Fitri mewakili Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran membuka secara langsung Rapat Koordinasi (Rakor) Stabilitas Harga dan Stok/Pasokan Barang Kebutuhan Pokok menjelang Puasa dan Hari Raya Idul Fitri 1442 H/ 2021 M di Kalteng, bertempat di  Hotel Aquarius, Palangka Raya, Rabu (7/4/2021). Rakor ini digelar guna menindaklanjuti arahan Menteri Perdagangan Republik Indonesia (RI) pada acara Rapat Koordinasi dalam rangka menjaga stabilitas harga dan ketersediaan pasokan barang kebutuhan pokok masyarakat menghadapi Puasa dan Hari Raya Idul Fitri 1442 H/ 2021 M yang dilaksanakaan pada tanggal 8 Maret 2021 secara virtual yang dipimpin oleh Menteri Perdagangan.

Sekretaris Daerah Fahrizal Fitri dalam sambutannya menyampaikan datangnya Hari Besar Keagamaan selalu diiringi dengan terjadinya peningkatan permintaan terhadap beberapa komoditas barang kebutuhan pokok tertentu.

(Baca Juga : Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Prov. Kalteng Ikuti Rapat Tindak Lanjut Kunker Food Estate )

(Baca Juga : Disdagperin Kalteng Gelar Rakor Sistem Informasi Perdagangan Antar Pulau )

“Hal ini merupakan hal yang sering terjadi dan terulang, dimana variasi makanan yang dikonsumsi masyarakat semakin beragam sehingga terjadinya peningkatan permintaan barang kebutuhan pokok tertentu”, tutur Fahrizal Fitri.

Sehubungan dengan hal tersebut, Fahrizal Fitri meminta agar Dinas/Instansi terkait dapat mengantisipasi terhadap stok/ketersediaannya agar tidak terjadi kelangkaan. Fahrizal Fitri mengatakan kelangkaan pasokan barang kebutuhan pokok akan berdampak pada terjadinya fluktuasi/naiknya harga.

“Ini perlu kita sikapi, karena kenaikan harga barang kebutuhan pokok sangat berdampak pada daya beli masyarakat terutama bagi masyarakat yang kurang mampu  yang akan semakin tertekan dengan kenaikan berbagai barang kebutuhan pokok tersebut apalagi ditengah pandemi Covid-19 ini”, imbuhnya.

Fahrizal Fitri juga meminta kepada Kepala Dinas/Instansi terkait baik lingkup Provinsi maupun Kabupaten/Kota agar selalu berkoordinasi, untuk menjaga kecukupan stok barang kebutuhan pokok yang perlu diperhatikan adalah bagaimana keamanan dan kelancaran arus distrubusi barang ditengah pandemi Covid-19, mengingat barang kebutuhan pokok di Kalteng sebagian besar dipasok dari luar Daerah. Fahrizal Fitri juga menyampaikan kepada pelaku usaha dapat mengantisipasi, jika ada hambatan dalam arus distribusi agar segera memberitahukan dan berkoordinasi dengan Dinas/Instansi terkait.

“Disamping itu kepada Kepala Dinas yang membidangi perdagangan di Kabupaten/Kota se-Kalteng agar mengaktifkan fungsi dari Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), seperti mengingatkan lagi keberadaan pasar penyeimbang di daerahnya masing-masing dan juga dapat berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dalam memantau kesiapan mode angkutan barang dan menyiapkan jalur distribusi alternatif”, pungkas Fahrizal Fitri.

Sementara itu, Kepala Bidang Perlindungan Konsumen Dinas Perindustrian dan Perdagangan Prov. Kalteng Kamper Thomas mewakili Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Prov. Kalteng menyampaikan maksud dan tujuan dari Rakor ini adalah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak yang terkait dalam rangka menjaga kestabilan harga dan ketersediaan stok/pasokan barang kebutuhan pokok menjelang Puasa dan Hari Raya Idul Fitri 1442 H/ 2021 M. Selain itu, memantau kesiapan Daerah dalam menjaga kelancaran arus distribusi sehingga masyarakat dapat menjalankan Ibadah Puasa bulan Ramadhan dan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1442 H/ 2021 M dalam keadaan tenang dan penuh sukacita.


Peserta Rakor yang hadir sebanyak 35 orang, terdiri dari lingkup Instansi Pemerintah Provinsi, Instansi vertikal, lingkup Kabupaten/Kota dan pelaku usaha. Rakor Stabilitas Harga dan Stok/Pasokan Barang Kebutuhan Pokok menjelang Puasa dan Hari Raya Idul Fitri 1442 H/ 2021 M mengahadirkan sejumlah narasumber diantaranya Pemimpin Wilayah Kantor Wilayah Kalteng PERUM BULOG Mika Ramba Kendenan yang memaparkan mengenai Kegiatan Ketersediaan Pasokan dan Stabilitas harga pangan PERUM BULOG Kantor Wilayah Kalteng dan Kasubdit INDAGSI DITRESKRIMSUS Polda Kalteng AKBP Arwin A. Wientama yang memaparkan tentang Satgas Pangan.

Turut hadir Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Prov. Kalteng H. Nurul Edy dan Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Prov. Kalteng Lilis Suriani.(WDY/Foto:Asep)

 

Sumber : MMC Kalteng, Layanan E-Government Diskominfo Prov. Kalteng

gallery

Poster